Wartamologi

Bhagya : bahagia, senang, beruntung, selamat. Bahagia menjadi tujuan dalam agama Hindu Moksartham Jagadhitaya ca iti Dharma ; bahagia di dunia dan di alam niskala. Hindu mengajarkan menjadi umat yang berbahagia di keluarga, masyarakat dan lingkungan.

Bhakta : memuja, menyembah, berbakti kepada Hyang Widhi. Para bakta memuja Hyang Widhi dengan pikiran, doa, banten. Pemujaan antara pemuja dengan yang dipuja biasanya disertai dengan pujian-pujian, permohonan dan meditasi.

Bhakti : cinta kasih, bakti, menjadi landasan dalam melakukan yadnya. Dengan cinta kasih melakukan pelayanan kepada Hyang Widhi, sesama dan lingkungan alam akan membawa kedamaian dan kebahagian. Dengan cinta kasih ,pikiran, perkataan dan perbuatan akan harmoni.

Bhanu : matahari, kecermerlangan, cahaya, sinar menjadi orientasi dalam pemujaan Hindu. Sulinggih melakukan pemujaan pada matahari setiap pagi dengan nyurwa sewana. Pada pagi, siang dan sore umat Hindu melakukan pemujaan pada matahari dengan melakukan puja tri Sandhya. Kecermelangan dan cahaya itu juga dimohonkan hadir dalam pikiran umat Hindu.